SYARAT & KETENTUAN

...

Dengan menggunakan dan/atau mendaftar di situs Wisatrip.com, maka pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan yang telah ditetapkan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan antara pengguna layanan dengan Wisatrip.com. Apabila pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian dan/atau seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan ini, maka pengguna tidak diizinkan untuk menggunakan layanan yang terdapat di situs Wisatrip.com.

Istilah

Dalam ketentuan ini, terdapat istilah-istilah yang digunakan, antara lain sebagai berikut:

  1. Istilah 'Wisatrip.com', 'Wisatrip', dan 'Kami' adalah mengacu kepada pemilik website atau situs Wisatrip.com.
  2. Istilah 'Pengguna', 'Anda', atau 'Kamu' adalah mengacu kepada orang yang menggunakan layanan Wisatrip, baik seseorang yang menyediakan jasa wisata dan perjalanan, seseorang yang menggunakan jasa wisata dan perjalanan, ataupun pihak lain yang hanya sekedar berkunjung saja pada situs Wisatrip.
  3. Istilah 'Trip' adalah mengacu kepada layanan wisata atau perjalanan yang dibuka/dibuat oleh Pembuka Trip.
  4. Istilah 'Pembuka Trip' atau 'Pembuka' adalah mengacu kepada seseorang yang membuka/membuat layanan jasa wisata dan perjalanan di Wisatrip.
  5. Istilah 'Pengikut Trip' atau 'Pengikut' adalah mengacu kepada seseorang yang menggunakan layanan jasa wisata dan perjalanan yang disediakan oleh Pembuat.
  6. Istilah 'Love List' adalah mengacu kepada trip yang dipilih dan akan diikuti oleh Pengikut.
  7. Istilah 'Pendaftaran Dibuka' adalah status trip yang berarti bahwa pada waktu itu Pengikut dapat melakukan pendaftaran.
  8. Istilah 'Menunggu Keberangkatan' adalah status trip yang berarti bahwa trip tersebut dalam waktu menunggu keberangkatan atau pelaksanaan. Status ini dimulai dari Pendaftaran Dibuka berakhir hingga 1x24 jam menjelang trip dilaksanakan.
  9. Istilah 'On Trip' adalah status trip yang berarti bahwa waktu itu trip tersebut sedang berlangsung dilaksanakan.
  10. Istilah 'Trip Selesai' adalah status trip yang berarti bahwa trip tersebut telah selesai dilaksanakan.
  11. Istilah 'Trip Dibatalkan' adalah status trip yang berarti bahwa trip tersebut dibatalkan atau tidak dilaksanakan.
  12. Istilah 'Minimal Kuota' adalah mengacu kepada batasan minimal kuota yang harus dipenuhi atau diisi oleh Pengikut dalam melaksanakan kegiatan trip tersebut.
  13. Istilah 'Maksimal Kuota' adalah mengacu kepada batasan maksimal kuota yang dapat diisi oleh Pengikut.
  14. Istilah 'Kepastian Keberangkatan' adalah mengacu kepada kesimpulan dari kegiatan trip tersebut apakah tetap dilaksanakan apabila tidak mencapai batas minimal kuota atau dibatalkan. Pemberitahuan kesimpulan ini akan dilakukan setelah Pendaftaran Dibuka berakhir.
  15. Istilah 'Jadwal' adalah mengacu kepada waktu kegiatan trip yang dibuat oleh Pembuka untuk dilaksanakan.
  16. Istilah 'Durasi' adalah mengacu kepada lamanya kegiatan trip dilaksanakan dalam 1 hari (24 jam).
  17. Istilah 'Laporan Trip Selesai' adalah mengacu kepada laporan yang diberikan oleh Pengikut setelah trip berakhir dilaksanakan, apabila kegiatan trip tersebut sesuai dengan deskripsi dan fasilitas yang ditentukan oleh Pembuka.
  18. Istilah 'Laporan Trip Gagal' adalah mengacu kepada laporan yang diberikan oleh Pengikut, apabila kegiatan trip tersebut tidak terlaksana di lapangan, tidak sesuai dengan deskripsi dan fasilitas yang ditentukan, atau kegiatan trip tersebut tidak dilaksanakan dengan semestinya oleh Pembuka.
    Penting
    : Mohon sebelum melakukan tindakan ini, diharapkan terlebih dahulu melakukan musyawarah dan mengambil kata mufakat antara Pembuka dan Pengikut Trip terhadap permasalahan dan perselisihan trip yang dihadapi, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Oleh sebab itu, mohon kepada Pengikut melakukan tindakan ini dengan bijaksana dan penuh dengan kehati-hatian.
  19. Istilah 'Dompet Pengguna' adalah mengacu kepada sistem penyimpanan uang atau dana pengguna (Pembuka dan Pengikut) yang disediakan oleh Wisatrip.

Ketentuan Umum

Dalam ketentuan ini, terdapat ketentuan umum yang harus dipahami oleh Pengguna, antara lain sebagai berikut:

  1. Pengguna dilarang melakukan suatu tindakan yang dapat merusak, mengganggu, dan/atau tindakan lainnya yang dapat merugikan Wisatrip.
  2. Pengguna dilarang untuk memanipulasi konten yang terdapat dalam Wisatrip yang mengakibatkan terjadinya kerugian pada pihak lain.
  3. Pengguna diharuskan mengisi data pribadi secara lengkap dan jujur pada saat melakukan pendaftaran dan pada halaman profil.
  4. Pengguna dilarang mencantumkan nomor kontak, email, situs, dan nama media sosial yang dimiliki pada Tagline, foto profil, dan deskripsi trip.
  5. Pengguna harus bertanggung jawab atas keamanan dari akun termasuk penggunaan email dan password.
  6. Pengguna dilarang untuk menggunakan situs Wisatrip untuk melakukan suatu kegiatan yang dapat melanggar peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
  7. Pengguna harus bertanggung jawab atas segala resiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya pada Wisatrip, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak industri, dan hak paten atas suatu jasa dan produk.
  8. Pengguna dilarang memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin dari pihak yang bersangkutan dan harus menghargai hak-hak pengguna lainnya.
  9. Pengguna dilarang mengirimkan email sampah (spam/junk) dengan merujuk ke bagian apapun dari situs ini.
  10. Wisatrip berhak menyesuaikan, mengubah, dan menghapus informasi dan deskripsi dari trip yang dimiliki oleh pengguna, apabila melanggar Syarat dan Ketentuan yang telah ditetapkan.
  11. Pengguna akan mendapatkan berbagai macam informasi dan promo terbaru, serta penawaran eksklusif lainnya. Namun, pengguna dapat berhenti berlangganan (unsubscribe) jika tidak ingin menerima informasi tersebut.
  12. Apabila pengguna melanggar salah satu, sebagian dan/atau seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan ini, maka akun pengguna dapat ditutup atau dinonaktifkan oleh Wisatrip.
  13. Wisatrip tidak bertanggung jawab atas segala resiko dan kerugian yang timbul berkenaan dengan kegiatan trip yang dilaksanakan oleh Pembuka.
  14. Wisatrip tidak bertanggung jawab atas segala resiko dan kerugian yang timbul berkenaan dengan diaksesnya akun pengguna oleh pihak lain.
  15. Wisatrip tidak bertanggung jawab atas segala resiko dan kerugian yang timbul akibat kesalahan atau perbedaan nominal yang seharusnya ditransfer ke Wisatrip.

PEMBUKA TRIP

Berikut ini ketentuan yang ditetapkan untuk Pembuka Trip, antara lain sebagai berikut:

  1. Segala konten, keterangan, penjabaran, dan bentuk wisata yang ditawarkan oleh Pembuka maka merupakan tanggung jawab Pembuka secara pribadi.
  2. Pada saat Pembuka membuat/mengunggah konten ke situs Wisatrip, maka Pembuka dianggap telah memberikan Wisatrip hak non-eksklusif dimana saja, kapan saja, secara terus menerus, bebas royalti, tidak dapat dibatalkan, baik secara daring maupun luring, dalam menggunakan konten tersebut.
  3. Dilarang menggunakan gambar atau foto wisata yang terdapat watermark atau merupakan kepemilikan hak kekayaan intelektual dari orang lain, kecuali telah memperoleh izin dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab Pembuka secara pribadi.
  4. Dalam membuka trip, maka Pembuka Trip dapat menentukan biaya yang dikenakan pada setiap Pengikut, jumlah minimal kuota, dan maksimal kuota yang dapat diikuti oleh Pengikut Trip.
  5. Pembuka dapat menentukan kepastian keberangkatan Trip, dengan dua pilihan, yaitu (1) Trip tetap dilaksanakan apabila tidak mencapai batas minimal kuota; dan (2) Trip tidak dilaksanakan (dibatalkan) apabila tidak mencapai batas minimal kuota dan dana dikembalikan ke Dompet Pengikut.
  6. Pembuka dilarang memungut biaya kepada Pengikut.
  7. Pembuka harus memenuhi semua fasilitas yang disediakan dalam setiap konten yang ditawarkan pada Trip yang dibukanya.

PENGIKUT TRIP

Berikut ini ketentuan yang ditetapkan untuk Pengikut Trip, antara lain sebagai berikut:
  1. Pengikut dapat memilih setiap Trip yang ingin diikutinya.
  2. Pengikut telah memahami setiap ketentuan yang terdapat dalam setiap Trip yang akan diikutinya.
  3. Pengikut telah memahami Kepastian Keberangkatan yang ditetapkan oleh Pembuka.
  4. Apabila Kepastian Keberangkatan dibatalkan, maka dana Pengikut akan dikembalikan ke dalam Dompet Pengikut tanpa mengembalikan nominal kode pembayaran.
  5. Demi keamanan dan kenyamanan para pengguna, maka setiap transaksi trip diharuskan untuk menggunakan dan melalui sistem pembayaran yang disediakan oleh Wisatrip.
  6. Pengikut harus melakukan pembayaran dengan jumlah nominal yang tepat pada setiap tagihan yang diberikan dalam waktu 1x4 jam setelah tagihan diberikan.
  7. Apabila setelah waktu 1x4 jam berakhir dan belum melakukan pembayaran, maka transaksi trip tersebut akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem.
  8. Apabila di dalam Dompet Pengikut tersedia dana, maka secara otomatis dana pembayaran akan diambil dari dalam dompet tersebut.
  9. Apabila dana yang terdapat di dalam Dompet tersebut tidak cukup atau hanya dapat membayar dari sebagian tagihan saja, maka Pengikut harus melakukan penambahannya dengan cara melakukan pembayaran melalui sistem pembayaran yang disediakan oleh Wisatrip. Apabila sisa dari penambahan untuk pembayaran trip tersebut kurang dari Rp20.000,00 maka penggunaan dana di dalam Dompet tidak bisa digunakan.
  10. Pengikut tidak dapat membatalkan transaksi setelah pembayaran dilunasi atau dilakukan.
  11. Setelah pembayaran dilunasi, Pengikut akan mendapatkan Kode Booking sebanyak 6 digit kombinasi angka dan huruf. Kode Booking ini akan dijadikan sebagai kode validasi oleh Pembuka Trip nantinya.
  12. Dalam satu Kode Booking dapat dimiliki oleh beberapa Pengikut. Artinya, satu akun yang melakukan satu kali transaksi pendaftaran dapat diisi oleh beberapa Pengikut.
  13. Wisatrip tidak bertanggung jawab atas segala resiko dan kerugian yang timbul dari dan dalam kaitannya dengan informasi atau deskripsi yang dibuat oleh Pembuka.

PENARIKAN DAN PENGEMBALIAN DANA

Berikut ini ketentuan yang ditetapkan dalam Penarikan dan Pengembalian Dana, antara lain sebagai berikut:
  1. Proses penarikan dana akan dilakukan setelah trip selesai atau berakhir dilaksanakan.
  2. Proses penarikan dana Pembuka akan diisikan ke dalam Dompet Pembuka.
  3. Proses penarikan dana Pembuka akan menjadi lebih cepat, apabila 50%+1 dari total jumlah Kode Booking yang dimiliki oleh Pengikut memberikan Laporan Trip Selesai.
  4. Apabila jumlah dari Pengikut yang memberikan Laporan Trip Selesai kurang dari 50%+1 dari total jumlah Kode Booking yang dimiliki oleh Pengikut, maka proses penarikan dana otomatis akan diisikan ke dalam Dompet Pembuka setelah 1x24 jam trip selesai atau berakhir dilaksanakan.
  5. Apabila pada saat dilapangan kegiatan trip tidak sesuai dengan deskripsi dan fasilitas trip yang telah dibuat, serta tidak dilaksanakan dengan semestinya oleh Pembuka, maka Pengikut dapat memberikan Laporan Trip Gagal.
  6. Proses penarikan dana Pembuka akan gagal atau tidak dapat diambil, apabila 50%+1 dari total jumlah Kode Booking yang dimiliki oleh Pengikut memberikan Laporan Trip Gagal, sehingga setelah 1x24 jam trip selesai atau berakhir dilaksanakan (berdasarkan durasi jadwal semestinya), maka dana akan dikembalikan ke dalam Dompet Pengikut.

PENCAIRAN DANA

Berikut ini ketentuan yang ditetapkan dalam Pencairan Dana, antara lain sebagai berikut:
  1. Pencairan dana yang terdapat di dalam Dompet Pengguna, dapat dilakukan apabila jumlah dananya adalah besar sama dengan dari Rp20.000,00.
  2. Apabila rekening bank pengguna yang diberikan adalah bukan dari Bank BRI, maka akan dikenakan biaya transfer senilai Rp6.500,00 yang diambil atau dipotong dari jumlah dana yang akan dicairkan tersebut.
  3. Proses pencairan dana dapat dilakukan kapan saja, dengan waktu proses yang dibutuhkan hingga 2x24 jam setelah proses pencairan dana diajukan.

Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah kapan saja tanpa harus memberitahukan kepada Pengguna terlebih dahulu.

Terakhir diperbarui pada 22 Juli 2016.